Makalah Applet


Pendahuluan
 
1.1       Latar Belakang

Dengan kondisi dunia yang semakin mengglobal, tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan perkembangan teknologi setiap tahunnya sudah menjadi barang wajib untuk melakukan inovasi baru dari berbagai variasi yang berbasis Teknologi Informasi (TI). Jika kita melihat realita masa sekarang nampaknya perbaharuan teknologi yang sangat signifikan dan semakin modern, selalu diikuti oleh penggemar bidang IT. Karena terbukti di zaman sekarang teknologi komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia, baik dari tingkat pemerintah pusat sampai pemerintah desa, perusahaan, supermarket, mini market, maupun lembaga pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal komputer. Komputer dapat dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang melatih kita untuk belajar mandiri. Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, dan mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi yaitu dunia pemrograman komputer. Seperti halnya dunia pemrograman komputer dikenal banyak bahasa pemrograman komputer, seperti C, C++, Pascal Basic, Java, dan lain-lain. di anatara bahasa pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang sudah tidak diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena itu yang akan dibahas dalam makalah ini adalah Pengertian Applet dan bagaimana cara memainkan Applet.

1.2       Rumusan Masalah

       1.      Apa pengertian dari Applet ?
       2.      Bagaimana cara memainkan Applet ?

1.3       Tujuan Penulisan
  
       1.       Untuk mengetahui pengertian dari Applet ?
       2.       Untuk mengetahui bagaimana cara memainkan Applet ?


Pembahasan

2.1   Pengertian Applet

Java Applet adalah aplikasi java yang bisa disisipkan kedalam halaman HTML. Java applet bisa berjalan pada web browser yang telah mendukung java seperti mozilla, IE, dan chrome. Applet dirancang untuk berjalan ‘remotely‘ pada browser client, sehingga ada beberapa keterbatasan. Secara default, applet tidak bisa mengakses resource pada komputer lokal. Applet biasanya digunakan untuk membuat website lebih dinamis dan menghibur

Applet kecil alat pembelajaran interaktif yang dapat digunakan siswa untuk beberapa tujuan, seperti untuk mengeksplorasi situasi masalah, untuk menemukan representasi atau konsep, untuk membangun dan mengeksplorasi 3D-benda, atau melatih keterampilan. Dengan bermain game ini siswa bisa berkembang sesuai dengan potensi mereka.

Game yang disediakan terdapat berbagai macam, dimana game tersebut dapat membantu siswa belajar tentang bilangan, geometri, aljabar, peluang, dan trigonometri. Game yang berkaitan dengan geometri untuk mengembangkan spatial reasoning (penalaran spasial) ada tiga macam game yang dapat dipilih, yaitu Building with Blocks, Guess the View, Cube Houses, dan Rotating Houses. Sebagai contoh, pada game Rotating Houses (lihat gambar 2), diberikan bangun datar (pada gambar sebelah kanan) yang terlihat ketika objek tiga dimensi dilihat dari depan, samping, atas, dan bawah. Siswa diminta memutar bangunan sehingga sesuai dengan tampak depan yang diberikan.  Untuk siswa SMP, game yang sesuai seperti Solving Equations with Balance, Navigation, Shooting Balls, Cubes Houses, dan lain-lain.

Berdasarkan hasil penelitian Ke (1998) diketahui bahwa permainan yang terlalu matematis kurang menarik perhatian siswa. Hal ini diindikasikan dengan perilaku siswa yang cenderung hanya sekedar memenuhi tujuan untuk segera menyelesaikan permainan tanpa merasa terlibat sepenuhnya.Temuan lain adalah permainan komputer dengan menggunakan teman sebaya menyebabkan siswa lebih ekspresif dan lebih komunikatif dibandingkan ketika mereka belajar tanpa menggunakan permainan.



2.2     Cara Memainkan Applet

Memainkan Game Applet “Guess The View”
Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memainkan game applet “Guess The View”:
1.      Kunjungi website
2.      Install Java apabila anda belum menginstall Java dalam komputer Anda karena untuk memainkan game di wisweb applet Anda harus memiliki software Java.
3.      Pilih game “Guess The View”
4.      Mainkan game “Guess The View”
5.      jadikan tanda panah sebagai acuan
6.      Apabila permainan anda benar maka lingkaran nomor akan berwarna hijau
7.      Apabila permainan anda salah satu kali lingkaran nomor akan berwarna merah dikelilingi lingkaran hijau
8.      Apabila permainan anda salah dua kali maka lingkaran nomor akan berwarna merah
9.      Jika permainan telah selesai maka akan menampilkan highscore yang diperoleh

Penutup 

3.1   Kesimpulan

Dengan berbagai macam fitur permainan yang dimiliki Applet, dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dimana permainan ini dapat menarik minat belajar siswa khususnya yang berkaitan mengenai bidang Matematika.

3.2    Saran

Menggunakan Applet sangat cocok siswa dari jenjang kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. Karena Applet  memiliki  keunggulan dan dan kemudahannya yang dapat dengan mudah dimengerti oleh peserta didiknya. Maka untuk pemula sangat cocok untuk mencoba Applet ini.


Daftar Pustaka









2 komentar:

  1. Hai yulianita, postingannya sudah bagus, tapi saran saya lebih baik postingannya tidak dalam bentuk makalah, sebaiknya dibuat lebih menarik dengan kata-kata sehari-hari, agar lebih menarik dan para reader tidak malas untuk membaca ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih untuk Kori atas sarannya ,nanti untuk kedepannya saya memposting dengan menggunakan kata-kata sehari hari :D

      Hapus