Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Dengan
kondisi dunia yang semakin mengglobal, tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan
perkembangan teknologi setiap tahunnya sudah menjadi barang wajib untuk
melakukan inovasi baru dari berbagai variasi yang berbasis Teknologi Informasi
(TI). Jika kita melihat realita masa sekarang nampaknya perbaharuan teknologi
yang sangat signifikan dan semakin modern, selalu diikuti oleh penggemar bidang
IT. Karena terbukti di zaman sekarang teknologi komputer sudah menyusupi hampir
semua bidang kehidupan manusia, baik dari tingkat pemerintah pusat sampai
pemerintah desa, perusahaan, supermarket, mini market, maupun lembaga
pendidikan dari semua jenjang hampir semua mengenal komputer. Komputer dapat
dijadikan sarana belajar dengan konsep e-learning yang melatih kita untuk
belajar mandiri. Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin
berkembang dengan lingkungan yang semakin luas dan banyak diminati, dan
mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi yaitu dunia pemrograman komputer.
Seperti halnya dunia pemrograman komputer dikenal banyak bahasa pemrograman
komputer, seperti C, C++, Pascal Basic, Java, dan lain-lain. di anatara bahasa
pemrograman, java adalah yang paling diminati, karena perannya yang sudah tidak
diragukan lagi dan ke eksisannya dalam perkembangan TI. Oleh karena itu yang akan
dibahas dalam makalah ini adalah Pengertian Applet dan bagaimana cara memainkan
Applet.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian dari Applet ?
2.
Bagaimana cara memainkan Applet ?
1.3 Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui
pengertian dari Applet ?
2.
Untuk
mengetahui bagaimana cara memainkan Applet ?
Pembahasan
2.1 Pengertian Applet
Java Applet adalah aplikasi
java yang bisa disisipkan kedalam halaman HTML. Java applet bisa berjalan pada
web browser yang telah mendukung java seperti mozilla, IE, dan chrome. Applet
dirancang untuk berjalan ‘remotely‘ pada browser client, sehingga ada beberapa
keterbatasan. Secara default, applet tidak bisa mengakses resource pada
komputer lokal. Applet biasanya digunakan untuk membuat website lebih dinamis
dan menghibur
Applet kecil alat
pembelajaran interaktif yang dapat digunakan siswa untuk beberapa tujuan,
seperti untuk mengeksplorasi situasi masalah, untuk menemukan representasi atau
konsep, untuk membangun dan mengeksplorasi 3D-benda, atau melatih keterampilan.
Dengan bermain game ini siswa bisa berkembang sesuai
dengan potensi mereka.
Game yang disediakan terdapat berbagai macam, dimana
game tersebut dapat membantu siswa belajar tentang bilangan, geometri, aljabar,
peluang, dan trigonometri. Game yang berkaitan dengan geometri untuk
mengembangkan spatial reasoning (penalaran spasial) ada tiga macam game
yang dapat dipilih, yaitu Building with Blocks, Guess the View, Cube
Houses, dan Rotating Houses. Sebagai contoh, pada game Rotating Houses (lihat
gambar 2), diberikan bangun datar (pada gambar sebelah kanan) yang terlihat
ketika objek tiga dimensi dilihat dari depan, samping, atas, dan bawah. Siswa
diminta memutar bangunan sehingga sesuai dengan tampak depan yang diberikan. Untuk siswa SMP, game yang sesuai seperti
Solving Equations with Balance, Navigation, Shooting Balls, Cubes Houses, dan
lain-lain.
Berdasarkan hasil penelitian Ke (1998) diketahui bahwa
permainan yang terlalu matematis kurang menarik perhatian siswa. Hal ini diindikasikan
dengan perilaku siswa yang cenderung hanya sekedar memenuhi tujuan untuk segera
menyelesaikan permainan tanpa merasa terlibat sepenuhnya.Temuan lain adalah
permainan komputer dengan menggunakan
teman sebaya menyebabkan siswa lebih ekspresif dan lebih komunikatif dibandingkan
ketika mereka belajar tanpa menggunakan permainan.
2.2 Cara
Memainkan Applet
Memainkan
Game Applet “Guess The View”
Berikut langkah-langkah yang
harus dilakukan untuk memainkan game applet “Guess The View”:
1.
Kunjungi website
2.
Install Java apabila anda
belum menginstall Java dalam komputer Anda karena untuk memainkan game di
wisweb applet Anda harus memiliki software Java.
3.
Pilih game “Guess The View”
4.
Mainkan game “Guess The View”
5.
jadikan tanda panah sebagai acuan
7.
Apabila permainan anda salah satu kali lingkaran nomor akan berwarna merah
dikelilingi lingkaran hijau
8.
Apabila permainan anda salah dua kali maka lingkaran nomor akan berwarna
merah
Penutup
3.1 Kesimpulan
Dengan
berbagai macam fitur permainan yang dimiliki Applet, dapat diimplementasikan
dalam pembelajaran dimana permainan ini dapat menarik minat belajar siswa
khususnya yang berkaitan mengenai bidang Matematika.
3.2 Saran
Menggunakan Applet
sangat cocok siswa dari jenjang kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. Karena Applet memiliki
keunggulan dan dan kemudahannya yang
dapat dengan mudah dimengerti oleh peserta didiknya. Maka untuk pemula sangat cocok
untuk mencoba Applet ini.
Daftar Pustaka
Hai yulianita, postingannya sudah bagus, tapi saran saya lebih baik postingannya tidak dalam bentuk makalah, sebaiknya dibuat lebih menarik dengan kata-kata sehari-hari, agar lebih menarik dan para reader tidak malas untuk membaca ^_^
BalasHapusMakasih untuk Kori atas sarannya ,nanti untuk kedepannya saya memposting dengan menggunakan kata-kata sehari hari :D
Hapus