Makalah PowerPoint



Pendahuluan

1.1.          Latar Belakang

Persentasi merupakan bagian terpenting bagi sebagian orang untuk memperkenalkan produk yang akan ditawarkan kepada pihak lain. Tanpa kita sadari presentasi selalu mengawali langkah memperkenalkan produk kita. Baik itu hanya sebatas kita mengarahkan pembicaraan, memberikan sampel atau mungkin menjelaskan secara detal seluk – beluk produk kita.j
Perkembangan presentasi sendiri saat ini telah mengalami berbagai kemajuan. Dari yang bersifat face to face hingga yang bersifat komunal / masa yang melibatkan banyak audience. Oleh sebab itulah perkembangan model yang digunakan untuk presentasi mengalami berbagai macam perubahan. Hingga pada akhirnya yang berkembang saat ini adalah presentasi dengan menggunakan media berbasis IT dengan menggunakan fasilitas dari Microsoft yaitu Power Point.
Sekarang pertanyaannya, “Apa PowerPoint itu?” mungkin ini yang terlintas dalam benak pikiran kita semua tentang PowerPoint, Microsoft Office PowerPoint atau yang lebih dikenal dengan PowerPoint merupakan suatu program yang diciptakan oleh perusahaan dunia yang bergerak dalam dunia pemograman yaitu Microsoft yang berbasis di Amerika serikat yang bertujuan untuk membantu para presenter atau orang yang membawakan presentasi.
PowerPoint diciptakan untuk membantu dalam membawakan presentasi, dan pada makalah kali ini saya akan membahas PowerPoint dalam bidang pengertian, sejarah,cara pemakaian, sistem operasi, kompatibilitas, dan versi saja.
PowerPoint juga memiliki sejarahnya tersendiri, PowerPoint juga mengalami beberapa perbaruan yang bertujuan untuk mempermudah user untuk mengoperasikan PowerPoint
Dalam dunia kerja Power Point mungkin sudah tidak bisa dipisahkan lagi karena hampir setiap saat PowerPoint diperlukan, mungkin itu mengadakan rapat dengan mitra kerja atau rapat dengan atasan. PowerPoint juga menjadi hal pokok dalam dalam dunia pendidikan juga, jadi tidak hanya pada dunia pekerjaan saja.

1.2.          Rumusan Masalah 

Adapun rumusan permasalahn yang kami bahas pada makalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Apa pengertian Microsoft Power Point?
  2. Apa tujuan menggunakan Power Point?
  3. Apa fungsi dan kegunaan Microsoft Power Point?
  4. Apa Sejarah dari Microsoft Power Point
1.3.          Tujuan Penulisan
  1. Untuk mengetahui pengertian Microsoft Power Point
  2. Untuk mengetahui tujuan menggunakan PowerPoint?
  3. Untuk mengetahui fungsi dan kegunaan Microsoft PowerPoint?
  4. Untuk mengetahui Sejarah dari Microsoft Power Point

Pembahasan

2.1       Pengertian Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer. Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.

2.2       Tujuan Penggunaan

Presentasi memiliki beberapa tujuan. Tujuan presentasi akan sangat menentukan bagaimana kita akan melakukan dan mendesain presentasi. Tujuan presentasi tersebut adalah sebagai berikut :
1.   Menginformasikan
presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. Presentasi semacam inisebaiknya menyampaikan informasi secara detail dan jelas (clear) sehingga orang dapatmenerima informasi dengan baik dan tidak salah presepsi terhadap informasi yang diberikantersebut
2.   Meyakinkan
presentasi berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis sehinggamenyakinkan orang atas suatu topik tertentu. Kondradiksi dan ketidak jelasan informasi dan penyusunan yang tidak logis akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang diberikan
3.    Membujuk
Presentasi yang berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis agar orang mau melakukan suatu aksi/tindakan. Presentasi dapat berisi bujukan, atau rayuan yang disertai dengan bukti sehingga orang merasa tidak ragu dan yakin untuk melakukan suatu tindakan.
4.    Menginspirasi
Presentasi yang berusaha untuk membangkitkan inspirasi orang.
5.    Menghibur
Presentasi yang berusahan untuk memberi kesenangan pada   informasi yang diberikan. PowerPoint merupakan salah satu media untuk menyampaikan presentasi. PowerPoint dapat merupakan bagian dari keseluruhan presentasi maupun menjadi satu-satunya sarana penyampaian informasi.PowerPoint sebagai pendukung presentasi misalnya adalah   alat bantuvisual dalam presentasi oral. Power Point dapat pula menjadi media utama penyampaian presentasi, misalnya pada presentasi produk/iklan mini, profil perusahaan, dan presentasionline. Presentasi semacam ini dapat disertai dengan narasi dan ilustrasi suara, musik, atau video yang dimainkan pada saat presentasi.
           
2.3       Fungsi dan Kegunaan Microsoft PowerPoint

Kegunaan atau fungsi dari  PowerPoint adalah sebagai berikut :
  1. Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.
  2. Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.
  3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.
  4. Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.

2.4  Sejarah Microsoft PowerPoint

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran. Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejakMicrosoft Windows 3.0.

 Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).


PENUTUP

3.1.    Kesimpulan

Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena Microsoft Power Point akan memudahkan dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer. Dalam membuat slide presentation yang harus di perhatikan adalah : New Blank Presentation dan  New From Design Template.

3.2.    Saran

Semoga makalah ini bisa  membuat pembaca lebih banyak mengerti tentang apa itu power point dan fungsi serta kegunaannya . Sehingga bagi calon pendidik ataupun mahasiswa dapat  memudahkan dalam proses pembelajaran baik menampilkan dalam bentuk diskusi maupun sebagai bahan ajar.



DAFTAR PUSTAKA
 
http://sz86.wordpress.com/2010/09/21/microsoft-power-point/
http://yudymardianto.wordpress.com/2008/11/10/powerpoint-2007-2/
http://athifahsdiary.blogspot.com/2012/05/microsoft-powerpoint.html
http://documents.tips/document/pengertian-dan-fungsi-microsoft-powerpoint-burung-internet.html

Dan untuk contoh PowerPoint dapat kalian lihat di slideshare
Dengan link
https://www.slideshare.net/mobile/devikumalasari3/powerpoint-kelompok-3

4 komentar:

  1. sudah bagus nih tapi coba deh buat bercerita jangan berupa laporan sehingga pembaca lebih tertarik untuk membaca post anda :)

    BalasHapus
  2. makasih khafifa atas sarannya nanti untuk kedepannya saya akan membuat dalam bentu cerita :D

    BalasHapus
  3. Bagus yul, jelas banget jadi kita tahu apa itu powerpoint dan hal2 kecilnya. Kalo boleh saran coba ditambahkan foto biar lebih lengkap lagi atau ditambahkan contoh dari powerpoint . Tapi semuanya good yul.

    BalasHapus